ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA PADA MASYARAKAT BOJONG GEDE, BOGOR, JAWA BARAT

  • Wandi Iskandar
  • Wawan Hari Subagyo
Keywords: Harga, Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembeli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh harga, kualitas produk dan promosi secara parsial (individu) terhadap keputusan  pembelian sepeda motor Honda pada masyarakat Bojong Gede, Bogor, Jawa Barat, (2) pengaruh harga, kualitas produk dan promosi secara simultan (bersama-sama) terhadap keputusan  pembelian sepeda motor Honda pada masyarakat Bojong Gede, Bogor, Jawa Barat, dan (3) variabel mana yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian motor Honda, dengan melakukan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang telah diuji validitas dan uju realibilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi liner berganda.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) secara parsial (individu) hanya variabel promosi yang berpengaruh signifikan terahadap keputusan pembelian sepeda motor Honda dengan nilai thitung 4,412 > ttabel1.984 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara harga, kualitas produk dan promosi secara simultan (bersama-sama) terhadap keputusan pembelian sepeda motor produk Honda dengan nilai fhitung 17,683 > ftabel2,70 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (3) dalam penelitian ini variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian adalah variabel promosi yang mempunyai pengaruh sebesar 30,1%.

Published
2020-02-20
Section
Articles