PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE DI KABUPATEN BOGOR

  • Fera Septiani
  • Asti Andayani
Keywords: Citra Merek, Kualitas Produk, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, kualitas produk dan gaya hidup secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian iPhone di Kabuptaen Bogor. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausalitas.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan sampel 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel citra merek, kualitas produk, dan gaya hidup terhadapĀ  keputusan pembelian iPhone di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung variabel citra merek 5,723, kualitas produk 4,889 dan gaya hidup 4,321 > t tabel 1.660 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil uji hipotesis secara simultan menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel citra merek, kualitas produk dan gaya hidup mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian iPhone di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 90,716 > F tabel 2,70. Varibael yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah citra merek hal ini terlihat dari nilai koefisien regresi sebesar 0,437. Hasil koefisien determinasi (Adjusted R square) menunjukkan nilai sebesar 0,731 atau 73,1% artinya keputusan pembelian iPhone di Kabupaten Bogor dipengaruhi oleh citra merek, kualitas produk dan gaya hidup sedangkan sisanya 26,9% dipengaruhi variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, kualitas produk dan gaya hidup secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian iPhone di Kabuptaen Bogor. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausalitas.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan sampel 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel citra merek, kualitas produk, dan gaya hidup terhadapĀ  keputusan pembelian iPhone di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung variabel citra merek 5,723, kualitas produk 4,889 dan gaya hidup 4,321 > t tabel 1.660 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil uji hipotesis secara simultan menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel citra merek, kualitas produk dan gaya hidup mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian iPhone di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 90,716 > F tabel 2,70. Varibael yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah citra merek hal ini terlihat dari nilai koefisien regresi sebesar 0,437. Hasil koefisien determinasi (Adjusted R square) menunjukkan nilai sebesar 0,731 atau 73,1% artinya keputusan pembelian iPhone di Kabupaten Bogor dipengaruhi oleh citra merek, kualitas produk dan gaya hidup sedangkan sisanya 26,9% dipengaruhi variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Published
2021-12-27
Section
Articles