ANALISIS PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DAN PENERAPAN COST PLUS PRICING METHOD DALAM RANGKA PENETAPAN HARGA JUAL PRODUK DI GREEN WHITE CAFE BOGOR TAHUN 2019

  • Nadiatun Nisya
  • Heru Satria Rukmana
Keywords: Full Costing, Variabel Costing, Cost Plus Pricing Method

Abstract

Harga pokok produk merupakan salah satu bagian penting dalam manajemen perusahaan untuk dijadikan dasar dalam menentukan harga jual suatu produk dengan harga jual yang tepat. Dan harga jual yang tepat ini akan menghasilkan laba yang maksimal bagi perusahaan. Kemudian Menurut narasumber, pada bulan november dan desember 2019 jumlah pengunjung mengalami penurunan. Penurunan ini bisa disebabkan karena harga jual yang kurang tepat, sehingga mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli. Oleh karena itu manajemen café perlu melakukan evaluasi tentang harga jualnya dengan menghitung harga pokok produksi dan harga jual yang jelas secara teoritis. Tujuannya untuk menjaga agar usaha ini tidak mengalami kerugian akibat salah menentukan perhitungan harga pokok produksi dan harga jualnya. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif komparatif dengan pendekatan data kuantitatif menggunakan rumus harga pokok produksi dengan metode full costing dan variabel costing. dan harga jual dengan metode cost plus pricing. Dalam analisis data diperoleh perhitungan harga pokok produksi dan harga jual yang ditetapkan café  saat ini relatif  lebih mahal  dibandingkan dengan cost plus pricing method dengan pendekatan full costing dan variabel costing.

Published
2022-06-29
Section
Articles