PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TIMEZONE DEPOK TOWN SQUARE

  • Noviyani .
  • Asti Andayani
Keywords: Bauran Pemasaran, Kepuasan Produk, Harga, Timezone Depok Town Square

Abstract

Timezone Indonesia merupakan pelopor dalam industri pusat hiburan keluarga. Pusat pertama Timezone dibuka pada tahun 1995 di Legian, Bali. Lebih dari dua dekade kemudian Timezone membuka pusat-pusat berikutnya di 23 provinsi di seluruh Indonesia. Timezone Depok Town Square merupakan objek penelitian yang peneliti pilih, peneliti melakukan penelitian dari segi pengaruh manajemen pemasaran terhadap kepuasan konsumen. Menurut Kotler dalam teorinya, kepuasan konsumen dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya dipengaruhi oleh bauran pemasaran yaitu, produk, harga, promosi, dan lokasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda, dengan menggunakan uji simultan dan uji parsial. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan Teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk, harga, lokasi, promosi, secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Timezone Depok Town Square sebesar 0,690 atau 69%. Secara uji parsial (uji-t) diketahui hanya variabel produk dan harga yang memberikan pengaruh secara signifikan dengan nilai sig. masing-masing 0,000 dan 0,000 < dari 0,1, dan nilai t hitung masing-masing sebesar 5,260 dan 5,882 yang > nilai t tabel 1,661. Hal ini menunjukkan bahwa hanya variabel produk dan harga yang mempengaruhi kepuasan konsumen Timezone Depok Town Square.

Published
2020-02-20
Section
Articles