PENGARUH BAURAN PEMASARN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MEMBELI SEPEDA MOTOR BEKAS DI SHOWROOM MULYANA MOTOR CIBINONG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran (Produk, Harga, Tempat, dan Promosi) terhadap keputusan konsumen untuk membeli sepeda motor bekas di Showroom Mulyana Motor Cibinong. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t (parsial) dan uji F (bersama-sama) dimaksud untuk mengetahui secara parsial dan secara bersama-sama pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen pada tingkat kepercayaan 90% (α = 0,1). Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi bauran pemasaran yang terdiri dari Produk, Harga, Tempat, dan Promosi secara parsial ada tiga variabel independen yang tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen untuk membeli sepeda motor bekas, yaitu variabel Harga, Tempat, dan Promosi. Secara bersama-sama variabel Produk, Harga, Tempat, dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen untuk membeli sepeda motor bekas di Showroom Mulyana Motor Cibinong. Variabel yang paling dominan yaitu Produk (49,3%). Nilai koefisien determinasi (adjusted R square) menunjukan bahwa variabel independen yang diteliti mampu menjelaskan 57,6% terhadap variabel keputusan konsumen untuk membeli sepeda motor bekas, sedangkan sisanya 42,4% dijelaskan oleh variabel independen lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian ini.