PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE OPPO DI CIBINONG BOGOR
Abstract
Tujuan penelitian ini mengetahui tentang pengaruh kualitas produk, harga dan promosi secara parsial,simultan dan variabel yang paling dominan terhadap keputusan pambelian.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Kausalitas dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini mempunyai dua variabel yaitu variabel independent kualitas produk (X1), harga (X2) dan promosi (X3) dan variabel dependen keputusan pembelian (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik data primer dan sekunder, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, asumsi klasik, uji hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak Terdapat pengaruh antara kualitas Produk terhadap keputusan pembelian, sedangkan secara parsial variabel yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian yaitu variabel harga dan variabel promosi dengan nilai thitung. Selanjutnya terdapat pengaruh secara simultan antara variabel kualitas produk, variabel harga dan variabel promosi terhadap keputusan pembelian smartphone OPPO karena memiliki nilai fhitung lebih besar daripada ftabel yaitu sebesar 78,534 > 2,70. Kesimpulan terakhir variabel yang paling mempengaruhi keputusan pembelian yaitu variabel harga yang mempunyai pengaruh sebesar 0,677. Sedangkan untuk variabel kualitas produk dan promosi hanya memiliki pengaruh sebesar 0,018 dan 0,376 terhadap keputusan pembelian smartphone OPPO.