PENGARUH KUALITAS PELAYANAN LOKET PENDAFTARAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN BOGOR
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh keandalan, daya tanggap, jaminan, perhatian, dan bukti fisik terhadap kepuasan masyarakat secara parsial maupun simultan. Metode pengumpulan data untuk pengujian hipotesis menggunakan pengisian kuisioner yang ditujukan 100 responden masyarakat berusia di atas 17 tahun yang menggunakan pelayanan di loket pendaftaran. Hasil analisis linear berganda bahwa dapat diketahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan sebesar R2 = 0,346 hal ini berarti sumbangan variabel X (Kualitas Pelayanan) berperan dalam mempengaruhi variabel Y (Kepuasan Masyarakat) Sebersar 34,6%. Berdasarkan hasil uji t variabel daya tanggap dan perhatian berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat. Dilihat dari hasil uji f kepuasan masyarakat secara bersama-sama dipengaruhi oleh variabel keandalan, daya tanggap, jaminan, perhatian, dan bukti fisik pada tingkat signifikansi alpha 10% atau tingkat kepercayaan 90%. Berdasarkan hasil uji t variabel daya tanggap dan perhatian berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat.