PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN RICHEESE FACTORY CIBINONG KABUPATEN BOGOR

  • Yesi Luvitasari
  • Benny Osta Nababan
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Dalam penelitian ini jumlah sampel penelitian ini adalah 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji hipotesis membuktikan bahwa variabel keandalan dengan nilai t hitung 2,132 > nilai t tabel 1,658. Dengan nilai signifikan 0,036 < 0,1. Dan variabel empati dengan nilai t hitung 2,382 > nilai t tabel 1,658. Dengan nilai signifikan 0,019 < 0,1. Nilai signifikan lebih kecil dari 0,1 menunjukkan pada taraf 10% maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi yaitu Y = 6,573 + 0,210 X1 + 0,338 X2 + 0,175 X3 + 0,071 X4 + 0,383 X5. Artinya bahwa setiap ada peningkatan variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati sebanyak 1 satuan maka akan meningkatkan nilai kepuasan pelanggan Richeese Factory Cibinong. Hasil koefisen determinasi (R2) diperoleh nilai adjusted R2 square sebesar 0,315. Hal ini menunjukan bahwa 31,5% kepuasan pelanggan Richeese Factory Cibinong dipengaruhi oleh kualitas pelayanan. Sedangkan sisanya sebesar 68,5% kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Published
2020-12-31
Section
Articles