PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN RICHEESE FACTORY CIBINONG KABUPATEN BOGOR
Abstract
Dalam penelitian ini jumlah sampel penelitian ini adalah 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji hipotesis membuktikan bahwa variabel keandalan dengan nilai t hitung 2,132 > nilai t tabel 1,658. Dengan nilai signifikan 0,036 < 0,1. Dan variabel empati dengan nilai t hitung 2,382 > nilai t tabel 1,658. Dengan nilai signifikan 0,019 < 0,1. Nilai signifikan lebih kecil dari 0,1 menunjukkan pada taraf 10% maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi yaitu Y = 6,573 + 0,210 X1 + 0,338 X2 + 0,175 X3 + 0,071 X4 + 0,383 X5. Artinya bahwa setiap ada peningkatan variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati sebanyak 1 satuan maka akan meningkatkan nilai kepuasan pelanggan Richeese Factory Cibinong. Hasil koefisen determinasi (R2) diperoleh nilai adjusted R2 square sebesar 0,315. Hal ini menunjukan bahwa 31,5% kepuasan pelanggan Richeese Factory Cibinong dipengaruhi oleh kualitas pelayanan. Sedangkan sisanya sebesar 68,5% kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.