PENGARUH KUALITAS PELAYANAN E-KTP TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KECAMATAN TAJURHALANG KABUPATEN BOGOR

  • Kiki Kumalasari
  • Yasnimar Ilyas
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat

Abstract

Pelayanan publik merupakan suatu usaha yang dilakukan kelompok atau seseorang birokrasi untuk memberikan bantuan kepada masyarakat dalam rangka mencapai suatu tujuan. Hal pokok yang menjadi perhatian adalah bahwa suatu pelayanan itu terdiri dari penyelenggaraan dan penerimaan layanan (customer). Tujuan Penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan EKTP terhadap kepuasan masyarakat di Kecamatan Tajurhalang. Populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat Kecamatan Tajurhalang, dengan sampel 100 responden, berdasarkan rumus slovin. Data diperoleh menggunakan penyebaran kuesioner. Jenis penelitian ini yaitu Kuantitatif Kausalitas Analisis data menggunakan program SPSS versi 20 untuk menguji: Uji Validitas, Uji realibilitas, Normalitas, regresi berganda, dan Uji t dan Uji f. Hasil penelitian menunjukkan yaitu: (1) variable yang berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat yaitu: Jaminan, dan bukti fisik. (2) variable yang tidak berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat yaitu: Kehandalan, daya tanggap dan empati. (3) adapun hasil uji f (simultan) diketahui nilainya 47,135 dimana secara bersama-sama kualitas pelayanan (kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik) berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat. (4) variable yang paling dominan mempengaruhi Kepuasan Masyarakat yaitu bukti fisik dengan nilai 0,785. (5) dan determinasi dalam penelitian ini yaitu 70% dimana kualitas pelayanan berkontribusi cukup tinggi berpengaruh terhadap Kepuasan Masyarakat.

Published
2021-12-21
Section
Articles