PENGARUH LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK GAS LPG3 KG PADA PANGKALAN FEBRIYANTI NOOR BOJONGGEDE KABUPATEN BOGOR

  • Sukma Lintang
  • Mujito
Keywords: Lokasi, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Abstract

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lokasi dan kualitas pelayanan secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian Produk Gas LPG 3 Kg Pada Pangkalan Febriyanti Bojonggede Kabupaten Bogor. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif  kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan pada Pangkalan Gas LPG 3 kg Febriyanti di Bojonggede sebanyak 45 pelanggan. Analisa data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil uji hipotesis secara parsial membuktikan bahwa variabel lokasi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (2). Hasil uji hipotesis secara simultan membuktikan bahwa variabel lokasi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai F hitung sebesar 13,565 > F tabel sebesar 2,811 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (3). Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai adjusted R² sebesar 0,364 hal ini menunjukkan bahwa 36,4% keputusan pembelian pada Pangkalan Gas LPG Febriyanti dipengaruhi oleh lokasi dan kualitas pelayanan sedangkan sisanya yaitu 63,6% keputusan pembelian di pengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang dalam penelitian ini tidak dibahas. (4) Variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian pada Pangkalan Gas LPG 3 kg Febriyanti Noor Bojonggede adalah variabel lokasi hal ini terlihat dari nilai koefisien regresi variabel lokasi sebesar 0,696.

Published
2021-12-21
Section
Articles