PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG DI SAMSUNG STORE CIBINONG CITY MALL

  • Dian Siska Kristiani
  • Andri Budi Santosa
Keywords: Kualitas Produk, Promosi, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antaraKualitas Produk, Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian smartphone Samsung di Cibinong City Mall, kemudian untuk mengetahui faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi Keputusan Pembelian smartphone Samsung di Cibinong City Mall dan untuk mengetahui besaran determinasi Variabel Kualitas Produk, Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian smartphone Samsung di Cibinong City Mall. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna smartphone Samsung yang membelinya di Cibinong City Mall, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang ditentukan menggunakan teknik Lemeshow. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwahanya variabel kualitas produk dan promosi yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel harga tidak memiliki pengaruh. Secara simultan, ketiga variabel bebas memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone samsung di Cibinong City Mall dengan variabel kualitas produk menjadi faktor yang paling dominan dalam menentukan keputusan pembeliansmartphone samsung di Cibinong City Mall. Kemudian ketiga variabel bebas yang digunakan memiliki besaran determinasi sebesar 0,619, artinya variabel kualitas produk, promosi dan harga dapat menjelaskan variabel keputusan pembelian sebesar 61,9%, dan sisanya sebesar 38,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.

Published
2022-06-30
Section
Articles