PENGARUH BAURAN PEMASARAN (4P) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK WARDAH DI TOSERBA GRIYA CITEUREUP

  • Notiva Ika Sari
  • Wawan Hari Subagyo
Keywords: Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk kosmetik wardah di Toserba Griya Citeureup. Keputusan pembelian itu sendiri diduga dipengaruhi oleh bauran pemasaran yakni produk, harga, lokasi, dan promosi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausalitas, yaitu untuk mengetahui hubungan sebab akibat antara bauran pemasaran dengan keputusan pembelian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan sampel 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Untuk teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda yang kemudian diuji asumsi dan signifikansinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran (produk, harga, lokasi, dan promosi) secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardah di Toserba Griya Citeureup. Hasil uji secara parsial menunjukkan bahwa variabel harga dan variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel produk dan variabel lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Adapun variabel promosi memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap keputusan pembelian.

Published
2022-06-30
Section
Articles