STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS BANK SAMPAH PUSAT KABUPATEN BOGOR
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Strategi Pengembangan Bisnis Bank Sampah Pusat
Kabupaten Bogor. yang bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui pengelolaan bisnis Bank Sampah
Pusat memberikan manfaat ekonomi bagi pengelola dan nasabahnya; (2) Untuk mengetahui hasil
bisnis bank sampah pusat dapat dijadikan satu model usaha yang menguntungkan dan
berorientasi lingkungan; (3) pengembangan bisnis bank sampah pusat menjadikan bank sampah
sebagai bisnis yang menarik.Metode analis yang dipergunakan adalah metode kualitatif
deskriptif . Hasil dari penelitian ini matriks Internal Factors Analysis Summary (IFAS) nilai skor
kekuatan = 2,05 nilai skor kelemahan = 0,75 total skor = 2,80 yang menunjukkan bahwa Bank
Sampah Pusat sudah mempunyai strategi yang baik dalam mengantisipasi ancaman internal yang
ada.Hasil dari analisis matriks Ekternal Strategic Factor Analysis Summary (EFAS) ) nilai skor
peluang = 1,58 nilai skor ancaman = 1,33 total skor = 2,91 yang menunjukkan bahwa Bank
Sampah Pusat mempunyai strategi yang baik dalam mengantisipasi ancaman eksternal yang
ada.Dari tiga (3) implikasi strategi IE Matrix, Bank Sampah Pusat berada pada sel V, Strategi
Bisnis Unit (SBU) yang berada pada sel V strategi yang paling baik untuk mengendalikan dengan
strategi Hold dan Maitain. Strategi – strategi yang umum dipakai yaitu strategi Market
Penetration, dan Product Develompment (Umar 2003).