PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS (UPT) PENATAAN BANGUNAN I WILAYAH CIBINONG KABUPATEN BOGOR
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan secara parsial terhadap kepuasan masyarakat pada UPT Penataan Bangunan I Wilayah Cibinong Kabupaten Bogor. Jadwal penelitian dilaksanakan selama 4 bulan mulai bulan Januari sampai April 2020.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pemohon UPT Penataan Bangunan I Wilayah Cibinong yang mengajukan pengesahan (gambar situasi dan pengesahan dokumen rencana teknis). Dalam penelitian ini sampel diambil dengan teknik purposive sampling yaitu dimana jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 105 sampel. Analisa data menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS Statistic 22.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis secara parsial diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan (Kesederhanan (X1), Kecepatan (X2), Kenyamanan (X3), Kepastian (X4), Kejelasan (X5)) memiliki pengaruh yang terhadap kepuasan masyarakat UPT Penataan Bangunan I Wilayah Cibinong Kabupaten Bogor. Variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan masyarakat pada UPT Penataan Bangunan I Wilayah Cibinong Kabupaten Bogor adalah variable kejelasan (X5) dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,207.