PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN 212 MART DI PURI NIRWANA 3 CIBINONG BOGOR

  • Muhamad Endang Setiawan
  • Tika Kartika Asri
  • Wawan Hari Subagyo
  • Yesi Dewita Sari
Keywords: Bauran Pemasaran, Kepuasan Konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen 212 Mart di Puri Nirwana 3 Cibinong Bogor. Hasil penelitian menunjukan bahwa : Hasil uji t (parsial) variabel produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, variabel harga berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen, variabel distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dan variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji f (simultan) membuktikan setiap komponen-komponen bauran pemasaran (produk, harga, distribusi, dan promosi) secara simultan bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan nilai adjusted R-square dapat diketahui variabel produk, harga, distribusi dan promosi berpengaruh simultan terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,716 atau 71,6% sedangkan sisanya 28,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar variabel yang di teliti oleh peneliti. Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan konsumen adalah variabel promosi hal ini terlihat dari nilai koefisien regresi sebesar 0,612.

Published
2022-12-31
Section
Articles