PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SARI ROTI DI WILAYAH KELURAHAN PABUARAN CIBINONG

  • Alika Sylviyana Tyantoro
  • Nurayla Arnas Nasution
  • Yesi Dewita Sari
  • Wawan Hari Subagyo
Keywords: Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian dan faktor yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian produk Sari Roti di wilayah Kelurahan Pabuaran Cibinong. Populasi ini adalah konsumen yang membeli dan pernah membeli produk Sari Roti dengan sampel 100 orang. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan yaitu metode angket dengan kuesioner atau menyebarkan daftar pertanyaan kepada responden. Metode analisis menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS versi 23. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa persamaan regresi adalah Y = 7,296 + 0,522 X1 + 0,218 X2. Secara parsial masing-masing variabel (kualitas produk dan harga) berpengaruh terhadap keputusan pembelian karena t hitung > t tabel dan nilai signifikasi yaitu < 0,1 sedangkan secara simultan variabel kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian karena F hitung sebesar 57,162 > F tabel 3,09 dan nilai siginikan 0,000. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi nilai adjusted R square yang diperoleh sebesar 53,2% sedangkan sisanya 46,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Published
2023-06-30
Section
Articles