PENGARUH HARGA, CITRA MEREK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LOGAM MULIA EOA GOLD DI BOGOR
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh harga, citra merek dan promosi terhadap keputusan pembelian logam mulia EOA Gold di Bogor. Analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, dengan hasil Y = 4,848 + 0,413X1 + 0,203X2 + 0,216X3 + 0,05. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) hasil uji t (parsial) variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel citra merek tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan variabel promosi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (2) Hasil uji f (simultan) menunjukan bahwa variabel harga, citra merek dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian logam mulia EOA Gold di Bogor. (3) Variabel yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen adalah variabel harga dengan nilai koefisien 0,413. (4) Nilai koefisien determinasi (adjusted R Square) sebesar 0,591 yang berarti variabel harga, citra merek dan promosi dapat dijelaskan oleh model sebesar 59,1% sedangkan sisanya 40,9% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang dalam penelitian ini tidak diteliti.