PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROSEDUR KREDIT TERHADAP LOYALITAS NASABAH BTPN SYARIAH MMS TAPOS KOTA DEPOK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Loyalitas Nasabah (Y) BTPN Syariah MMS Tapos Kota Depok. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Kualitas Pelayanan (X1) dan Prosedur Kredit (X2). Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 24.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh secara parsial terhadap Loyalitas Nasabah dan Prosedur Kredit berpengaruh secara parsial terhadap Loyalitas Nasabah. Secara bersama-sama, kualitas pelayanan dan prosedur kredit berpengaruh signifikan dan positif secara simultan terhadap loyalitas nasabah BTPN Syariah MMS Tapos Kota Depok, artinya semakin baik kualitas pelayanan dan semakin mudah prosedur kredit yang diberikan maka tingkat loyalitas nasabah semakin tinggi. Variabel kualitas pelayanan memiliki kontribusi sebesar 0,190 dan prosedur kredit sebesar 3,369. Maka variabel prosedur kredit merupakan faktor yang memiliki pengaruh paling besar terhadap loyalitas nasabah BTPN Syariah MMS Tapos Kota Depok. Variabel kualitas pelayanan dan prosedur kredit mempengaruhi loyalitas nasabah BTPN Syariah MMS Tapos Kota Depok sebesar 8,7%, dimana 91,3% merupakan variabel yang tidak di teliti dalam penelitian ini.