ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN TEGAL GUNDIL KECAMATAN BOGOR UTARA KOTA BOGOR
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik di Kelurahan Tegal Gundil Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor. Metode yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat dalam penelitian ini ialah metode Service Quality (SQ) digunakan untuk mengetahui tingkat kesenjangan antara kinerja pelayanan dengan harapan masyarakat, Metode Importance Performance Analysis (IPA) digunakan untuk mengetahui unsur-unsur pelayanan yang baik dan tidak baik, penting dan tidak penting dalam memenuhi kepuasan masyarakat Kelurahan Tegal Gundil, Sedangkan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat mengunakan metode Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dengan berpedoman sesuai PerMENPAN No.14/2017 dengan 9 unsur pelayanan yang relevan, valid dan reliable sebagai unsur minimal yang harus ada dalam dasar pengukuran Survei Kepuasan Masyarakat. Berdasarkan hasil metode IPA yang dilakukan terdapat 2 unsur pelayanan yang menjadi prioritas utama yang harus diperbaiki oleh Kelurahan Tegal Gundil karena pelayanan yang masih rendah dari harapan masyarakat. Dari hasil analisis IKM menunjukan tingkat kepuasan masyarakat adalah sebesar 81.75 dengan mutu “B” hal ini menunjukkan bahwa masyarakat merasa puas terhadap pelayanan yang diselenggarakan Kelurahan Tegal Gundil.