PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA DEPOT AIR MINUM BIRU GAPERI BOJONG GEDE KABUPATEN BOGOR

  • Amel Dhea Awani
  • Tika Kartika
  • Mujito
  • Benny Osta Nababan
Keywords: Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian produk di depot air minum biru Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 responden dengan rumus lameshow. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Hasil uji hipotesis secara parsial membuktikan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) variabel harga berpengaruh positif danĀ  signifikan terhadap keputusan pembelian (3) variabel promosi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian (4) variabel tempat berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (5) Hasil uji hipotesis secara simultan membuktikan bauran pemasaran variabel produk, harga, promosi dan tempat berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Pada Depot Air Minum Biru Gaperi Bojonggede. (6) Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,615 yang berarti bahwa besar variabel Produk, Harga, Promosi dan Tempat hanya dapat menjelaskan variabel Keputusan Pembelian sebesar 61,5%. Dan sisa sebesar 38,5% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini. (7) Variabel Tempat yang paling berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai thitung sebesar 3,434 maka dapat disimpulkan variabel Tempat merupakan variabel yang paling berpengaruh dan signifikansi terhadap Keputusan Pembelian Pada Depot Air Minum Biru Gaperi Bojonggede.

Published
2023-12-27
Section
Articles