ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH KEDAI MINUMAN BOBACHA DI KABUPATEN BOGOR

  • Krisna Lisa Kusumah
  • Yesi Dewita Sari
  • Zeze Zakaria Hamzah
  • Muhlis
Keywords: Strategi Pengembangan Usaha, Analisis SWOT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi yang menjadi prioritas dalam dalam pengembangan Usaha Kecil Menengah kedai minuman Bobacha Di Kabupaten Bogor.Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah key Informan yang menjadi narasumber. Analisa data menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian mennujukkan bahwa: (1) Faktor lingkungan internal Kedai Minuman Bobacha adalah faktor kekuatan utamanya adalah harga yang terjangkau oleh konsumen maka Kedai Minuman Bobacha tetap mampu untuk terus eksis sebagai perusahaan yang memproduksi minuman. Sedangkan kelemahan utamanya adalah Kurangnya modal usaha untuk mengembangkan bisnis. (2) Faktor lingkungan eksternal Kedai Minuman Bobacha adalah faktor peluang yang paling dominan adalah Pangsa pasar yang masih luas dan Banyak diminati semua kalangan (anak, remaja dan orang dewasa). Jika Kedai Minuman Bobacha mampu mengambil peluang tersebut maka akan terjadi peningkatan dalam penjualan produknya. Sedangkan faktor utama yang menjadi ancaman yaitu banyaknya kompetitor atau pesaing menetapkan harga yang lebih yang menjadi ancaman bagi Kedai Minuman Bobacha (3) Berdasarkan hasil analisis matriks IFE dan Efe serta analisi SWOT pilihan startegi pilihan dari Kedai Minuman Bobacha adalah strategi pengembangan pasar atau usaha.

Published
2023-12-27
Section
Articles