PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YUMMY CHOICE FRIED CHICKEN DI INDOMARET REST AREA KM 21 B-2 JAGORAWI BOGOR

  • Widya Apriani
  • Mujito
  • Siana Ria
  • Dwi Oktiana Irawati
Keywords: Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh apa yang membuat konsumen membuat keputusan dalam pembelian di Indomaret Rest Area KM 21 B-2. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu produk, harga, lokasi, promosi, partisipan, proses dan bukti fisik sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian konsumen di Indomaret Rest Area KM 21 B-2. Tujuan dari penelitian ini (1) membedakan variabel bebas yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian; (2) menentukan variabel bebas dari perbedaan antar kelompok konsumen dalam menentukan keputusan pembelian; (3) mengetahui perilaku konsumen di Indomaret Rest Area KM 21 B-2; (4) menentukan seberapa besar variabel terikat dan dapat dijelaskan oleh variabel bebasnya oleh model diskriminannya; (5) menentukan apakah model diskriminan tersebut mampu melakukan klasifikasi atau prediksi responden dengan tepat untuk analisis diskriminan. Sebelum melakukan analisis data dilakukan uji validitas, reliabilitas dan normalitas agar data yang digunakan merupakan data yang benar dan konsisten. Metode analisis data yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut yaitu: (1) Uji perbedaan rata-rata; (2) Uji Analisis Diskriminan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini: (1) nilai skor pada uji perbedaan rata-rata; (2) terdapat 7 perbedaan variabel antar grup, variabel produk, lokasi, promosi, partisipan, proses dan bukti fisik menjadikan alasan untuk konsumen dalam memutuskan membeli di Indomaret Rest Area KM 21 B-2.

Published
2023-12-29
Section
Articles