PENGARUH CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MEREK NMAX DI KABUPATEN BOGOR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian sepeda motor NMAX di Kabupaten Bogor. Citra dan kepercayaan merek merupakan faktor kunci dalam proses pembelian konsumen, terutama dalam industri sepeda motor yang sangat kompetitif. Penelitian dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan 100 responden sebagai sampel penelitian dan teknik penentuan sampel menggunakan metode non-probability sampling dan accidental sampling. Metode analisis data yang digunakan yaitu meliputi uji validitas, uji reliabilitas. Uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas. Uji analisis data yaitu analisis linier berganda. Uji hipotesis yaitu uji t dan uji f dan uji koefisien determinan R2. Yang telah memenuhi uji diolah dengan menggunakan software SPSS versi 24. Nilai Koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,705 atau sama dengan 70,5% . Hal ini dapat diartikan bahwa keputusan pembelian (Y) sebesar 70,5%. dapat dijelaskan oleh variabel citra (X1) dan kepercayaan merek (X2) Sedangkan sisanya yaitu 29,5% adalah pengaruh oleh variabel lain yang tidak diteliti dipenelitian ini. Hal ini menunjukkan bahwa citra dan kepercayaan merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.