ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (E-KTP) DI KECAMATAN CIBINONG

  • Nuryasin
  • Wawan Hari Subagyo
  • Zeze Zakaria Hamzah
  • Muhlis
Keywords: Kepuasan Masyarakat, Pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kepuasan masyarakat serta indikator pelayanan yang menjadi prioritas dalam pembuatan E KTP di Kecamatan Cibinong. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) Nilai tingkat kesesuaian tertinggi antara kinerja pelayanan dengan harapan adalah dimensi saran dan prasarana yaitu sebesar 78,67% yang berada pada kriteria puas. Sedangkan nilai tingkat kesesuaian terendah antara kinerja pelayanan dengan harapan adalah dimensi persyaratan yaitu sebesar 67,57% yang berada pada kriteria puas. (2) Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pelayanan pembuatan E KTP di Kantor Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor, menunjukkan masyarakat merasa cukup puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak kantor kecamatan, hal ini ditunjukkan dengan analisis hasil analisis Customer Satisfaction Index (CSI)  yang menjukkan persentase sebesar 64,39%. yang artinya berada pada kriteria cukup puas. (3) Indikator tingkat kinerja pelayanan pembuatan E KTP di Kantor Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor yang menjadi prioritas untuk diperbaiki adalah indikator yang berada pada kuadran I pada diagram kartesius analisis IPA (Importance Performance Analysis) diantaranya adalah Persyaratan teknis dan administratif terkait pelayanan pembuatan e –KTP.

Published
2024-07-01
Section
Articles