ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA WEDDING ORGANIZER BIAN WEDDING CIBINONG KABUPATEN BOGOR

  • Zulfahmi Aldiansyah
  • Muhlis
  • Zeze Zakaria Hamzah
  • Benny Osta Nababan
Keywords: Strategi Pengembangan Usaha, Analisis SWOT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kondisi lingkungan internal dan ektsernall serta memnentukan strategi pilihan dalam pengembangan usaha Wedding Organizer Bian Wedding Cibinong Kabupaten Bogor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil perhitungan matriks IFE untuk Bian Wedding Cibinong Kabupaten Bogor diketahui bahwa faktor lingkungan internal yang menjadi kekuatan utama perusahaan ini adalah Penyelesaian yang tepat waktu, Mempunyai tim yang berusia muda (20 – 25 tahun) dan Menjaga setiap kelancaran event dengan setiap tim menjadi PIC (personin carge), sehingga kordinasi selalu terpantau dengan skor 0,19. Sedangkan yang menjadi kelemahan utama Bian Wedding Cibinong Kabupaten Bogor adalah kurangnya jumlah karyawan dengan skor 0,16. Untuk skor bobot faktor internal secara keseluruhan diperoleh total angka 3,26 yang artinya nilai tersebut berada pada tingkat kuat (2) Berdasarkan hasil perhitungan matriks IFE untuk Bian Wedding Cibinong Kabupaten Bogor diketahui bahwa factor lingkungan eksternal yang harus menajdi perhatian utama perusahaan adalah Kesadaran akan pentingnya menggunakan jasa Wedding Planner dengan skor bobot masing-masing indikator adalah sebesar 0,34. Sedangkan ancaman yang sangat berpengaruh adalah Mudahnya masuk pesaing baru dengan skor bobot 0,25. (3) Berdasarkan hasil analisis SWOT diperoleh pilihan strategi yaitu pengembangan usaha dnegan menggunakan kekuatan untuk meraih peluang yang ada.

Published
2024-07-01
Section
Articles