PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA SUPERINDO TELUKJAMBE KARAWANG

  • Nadira Zalzabilah
  • Andri Budi Santosa
  • Siana Ria
  • Dwi Oktiana Irawati
Keywords: Marketing Mix, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen. Penelitian dilaksanakan pada PT. Lion Superindo Cabang Telukjambe Karawang Barat, dengan menjaring 100 orang pelanggan sampel, sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik kuisioner, dokumentasi, dan wawancara. Hasil pengujian menunjukan bahwa : Korelasi Product Moment, Koefisien Determinasi, dan Uji signifikan test t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Produk (X1), nilai korelasi atau r untuk variable kualitas produk sebesar 0,605. Harga (X2), nilai korelasi atau r untuk variable harga sebesar 0,625. Promosi (X3) nilai korelasi atau r untuk variable promosi sebesar 0,751. Lokasi (X4) nilai korelasi atau r untuk variable lokasi sebesar 0,561. Hasil analisis F hitung sebesar 38,542. Selebihnya, guna mengetahui apakah variabel independen secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel dependent, maka dapat dilakukan dengan cara membandingkan nilai F tabel dan F hitung, dimana nilai F hitung 38,542 > 2,696 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,10. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai adjusted R² sebesar 0,603. Hal ini membuktikan bahwa dalam penelitian ini keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh kualitas produk, harga, promosi dan lokasi  sebesar 60,3%. Sedangkan sisanya sebesar 39,7% keputusan pembelian dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Published
2024-07-01
Section
Articles