PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN BERKUNJUNG KE JUNGLELAND ADVENTURE THEME PARK SENTUL BOGOR
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis secara parsial membuktikan bahwa variabel produk dan lokasi memiliki pengaruh terhadap keputusan konsumen untuk berkunjung ke Jungleland Sentul Bogor. Sedangkan variabel harga, promosi, people, process dan psycal evidence tidak terbukti memiliki pengaruh terhadap keputusan konsumen untuk berkunjung ke Jungleland Sentul Bogor. Hasil uji hipotesis secara simultan membuktikan bahwa variabel bauran pemasarn (7P) yang meliputi Product, Price, Promotion, Place, People, Proces dan Psycal Evidence mempunyai pengaruh terhadap keputusan konsumen untuk berkunjung ke Jungleland Sentul Bogor dapat diterima. Hasil uji regresi linear berganda diperoleh persamaan regresi yaitu: Y = 16.395+ 0,537X1- 0.259X2 + 0,163X3 + 1,205X4 +0,103 X5 – 0,443 X6 + 0,106. Nilai koefisien regresi menunjukkan besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Semakin besar nilai pada koefisien variabel bebas (X), maka semakin besar pula pengaruhnya terhadap variabel terikat (Y) atau sebaliknya.Variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan konsumen untuk berkunjung ke Jungleland Sentul Bogor adalah variabel lokasi dengan nilai koefisien regresi sebesar 1,205. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai adjusted R square (adjusted R2) sebesar 0,648.