ANALISIS KUALITAS PELAYANAN APARAT KECAMATAN DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPADA MASYARAKAT “STUDI KASUS DI KECAMATANTAJURHALANG BOGOR”

  • Jeniwati Mendriofa
  • Benny Osta Nababan
Keywords: Berwujud, Kehandalan, Ketanggapan, Jaminan, Empati, Pelayanan Administrasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan Aparat Kecamatan Tajurhalang dalam memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat Penelitian ini menggunakan Kualitas Pelayanan sebagai variabel independent dan Pelayanan Administrasi sebagai variabel dependen.Penelitian ini dilakukan pada Kantor Kecamatan Tajurhalang Bogor dengan sampel sebanyak 100 Responden yang di ketahui menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data dengan menggunakan Angket dan pengujian data dengan menggunakan SPSS. Teknik analisi data berupa uji validitas dan uji reliabilitas, ujikorelasi, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dan hipotesis.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang pertama ada pengaruh yang signifikan atara kualitas pelayanan terhadap pelayanan administrasi, Berdasarkan hasil Uji koefisien determinasi (R2) 57,5% pelayanan administrasi dipengaruhi oleh kualitas pelayanan atau faktor-faktor berwujud, kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati.Sedangkan sisanya 42,5% diterangkan oleh variabel diluar model persamaan regresi dalam penelitian ini.

Published
2019-06-29
Section
Articles