PENGARUH IKLAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BAN ACCELERA PADA PT ELANG PERDANA TYRE INDUSTRY CITEUREUP BOGOR

  • Dian Nurdiana
  • Dasmansyah Adyas
Keywords: Iklan Media Sosial, Keputusan Pembelian, PT Elangperdana Tyre Industry Citeureup Bogor

Abstract

Jumlah populasinya adalah seluruh konsumen yang membeli produk ban Accelera PT Elang perdana Tyre Industry Citeureup Bogor melalui media social selama periode 3 bulanterakhir yang berjumlah 110.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis secara parsial membuktikan bahwa variabel bookmarking (X1) dan variable content sharing (X2) terbukti tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian karena nilai t hitugnya lebih kecil dari t tabel (1,982) dan variable social networking (X3) dan creating sharing (X4) terbukti berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) karena nilai t hitungnya lebih besar dari t tabel (1,982). Hasil uji hipotesis secara simultan membuktikan bahwa secara bersama-sama variable bookmarking, content sharing, social networking danreating sharing terbukti memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung (54,950) yang lebih besar dari f tabel (2,690) dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai adjusted R2 yang sebesar 0,663. Hal ini menunjukan bahwa 66,3% keputusan pembelian konsumen secara bersama-sama dipengaruhi oleh iklan social media yang terdiridaribook marking, content sharing, networking dan creating sharing sedangkan sisanya 33,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang dalam penelitian ini tidak dibahas.Variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian adalah variable social networking dengan nilai koefisien regresi sebesar 1,760.

Published
2019-06-29
Section
Articles