ANALISIS PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN PENDEKATAN BALANCE SCORECARD PADA PERUSAHAAN JABAR ELEKTRIK

  • Leliyah .
  • Asti Andayani
Keywords: Pengukuran Kinerja, Balance Scorecard, Perspektif Keuangan, Pelanggan, Proses Bisnis Interna, Pembelajaran, Pertumbuhan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja perusahaan Jabar Elektrik dengan pendekatan Balance Scorecard menghasilkan total pengukuran kinerja yang baik. Perspektif keuangan baik, margin laba kotor sebesar 80,73%. Namun ada catatan untuk  margin laba operasi yang mengalami penurunan sebesar 3,15%, dan ROA mengalami peningkatan sebesar 9,11%. Current Ratio sebesar 618%, dan TATO sebesar 292%. Perspektif pelanggan baik, namun ada catatan pada retensi pelanggan yang mengalami penurunan sebesar 10,23%, akuisisi pelanggan mengalami penurunan sebesar 20,66%, dan tingkat kepuasan pelanggan pada tanggapan ini dengan menggunakan bantuan rumus Weight Mean Score (WMS) Interpretasinya dinilai sangat baik dengan rata – rata nilai sebesar 3,28. Pangsa pasar dinilai baik dengan jumlah sebesar 6,45%. Perspektif bisnis internal kurang baik, ada bagian yang harus diperbaiki oleh manajemen yaitu pada bagian proses inovasi dan penanganan barang cacat, sedangkan untuk proses operasi bisnis ada penurunan waktu sebesar 10 hari sehingga dikatakan baik. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan kurang baik, produktivitas karyawan mengalami penurunan sebesar Rp 1.796.609,-. Perputaran karyawan mengalami peningkatan sebesar 32%, dan pada survey kepuasan karyawan hasil interpretasi menyatakan baik dengan jumlah nilai rata – rata sebesar 2,95.

Published
2019-06-29
Section
Articles